PENGUATAN PROGRAM INDONESIA SEHAT PENDEKATAN KELUARGA/PIS-PK TERINTEGRASI DENGAN PROGRAM KESEHATAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

  • Rabu, 13 Oktober 2021 - 20:09:02 WIB
  • Administrator
PENGUATAN PROGRAM INDONESIA SEHAT PENDEKATAN KELUARGA/PIS-PK TERINTEGRASI DENGAN PROGRAM KESEHATAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

     Program Indonesia Sehat dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan. Pelaksanaan Program Indonesia Sehat diselenggarakan melalui pendekatan keluarga, yang mengintegrasikan upaya kesehatan perorangan (UKP) dan upaya kesehatan masyarakat (UKM) secara berkesinambungan dengan target keluarga, berdasarkan data dan informasi dari Profil Kesehatan Keluarga.

    Pelaksanaan PIS-PK merupakan kegiatan terintegrasi, sehingga semua pihak bertanggungjawab terhadap terlaksananya PIS-PK. Monitoring dan evaluasi PIS-PK dilakukan secara berjenjang sesuai dengan tugas dan fungsi dari masing-masing level penanggungjawab

    Yankes Primer, Akreditasi dan Kestrad sebagai seksiyang menjadi leading sector dan pengawasanPIS-PK, menyelenggarakan2 kegiatan penguatan Program yaitu rapat koordinasi pada tanggal 28 September 2021 dengan mengundang pejabat lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, dengan tujuan untuk memastikan PIS-PK di Kabupaten Lombok Timur berjalan sesuai regulasi dan menilai kemajuan implementasi PIS-PK dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat serta mencari solusi dari kendala yang didapatkan selama pelaksanaan kegiatan PIS-PK di Lombok Timur. Dari rapat koordinasi tersebut disepakati akan dibentuk Tim dengan konsep bina wilayah untuk mendukung 12 indikator PIS-PK yang terintegrasi dengan program terkait.

    Kegiatan dilanjutkan dengan pertemuan evaluasi implimentasi pelaksanaan PIS-PK tingkat Kabupaten pada tanggal 29 September 2021 dihadiri oleh penanggugjawab UKM dan koordinator programPIS-PK disemua Puskesmas yang ada di kabupaten Lombok Timur. Pertemuan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kemajuan pelaksanaan PIS-PK dan pemanfaatan data PIS-PK terintegrasi dengan program Kesehatan lainnya.

    Dari data Aplikasi Keluarga Sehat per Agustus 2021, didapatkan bahwa kondisi Indeks Keluarga Sehat (IKS) di Kabupaten Lombok Timur masih dalam kategori tidak sehat dengan IKS 0,092 dengan 3 indikator capaian terendah yaitu hipertensi berobat teratur 17,03%, penderit TB berobat sesuai standar 26,85% dan keluarga yang memiliki JKN sebanyak 27,23%. Pada pertemuan ini Kasi Yankes Primer, Akreditasi dan Kestrad Kabupaten Lombok Timur, ibu Rita Rinjani, S.Kep, Ns, M.Kep menyampaikan bahwa, kegiatan intervensi lanjut pada keluarga dilakukan melalui integrasi program terkait di puskesmas dengan menerapkan konsep bina wilayah dengan melibatkan masyarakat sesuai permasalahan masing-masing, sehingga diharapkan ada perubahan terhadap nilai IKS keluarga dan wilayah.

    Narasumber dr. Dewa Ayu Nyoman Katarina, dari Seksi Yankes Primer dan Kestrad Provensi NTBmenjelaskan bahwa data PIS-PK yang ada, dapat di jadikan acuan dalam menyusun kegiatan perencanaan Puskesmas, dengan melihat lokus permasalahan yang ada. Selain itu dr,Ayu menekankan bahwa kegiatan PIS-PK ini bukan hanya kegiatan pendataan atau sensus melainkan kegiatan intervensi terhadap permasalahan yang ada, baik dengan kegiatan penyuluhan, pendekatan kultur budaya maupun medis.

    Pada pertemuan evaluasi ini juga dimanfaatkan untuk penguatan pemahaman aplikasi KS dan aplikasi inarata versi 4.0 untuk menganalisa data KS serta penggabungan data program Kesehatan yang dibimbing oleh Ibu Suprapti, SKM dari Seksi Datin dan Litbangkes, Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

    Pada arahan penutupan kegiatan pertemuan evaluasi implementasi PIS-PK ini, Ibu Kasi Yankes Primer, Akreditasi dan Kestrad Dinas Kesehatan Lombok Timur menyampaikan bahwa, Puskesmas dapat memaksimalkan kegiatan PIS-PK sebagai salah satustrategi yang dapat dipakai oleh Puskesmasdalam upaya pemecahan masalah kesehatan di wilayah kerjanya dengan penguatan integrasi dengan program lainnya dan memastikan tahapan pelaksanaan PIS-PK berjalan dengan baikdari proses kunjungan rumah, intervensi awal, analisis data, intervensi lanjut, Analisa IKS sampai pada tahap verifikasi.

  • Rabu, 13 Oktober 2021 - 20:09:02 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya