WORKSHOP LINTAS PROGRAM DAN LINTAS SEKTOR DALAM UPAYA REVITALISASI POSYANDU

  • Rabu, 15 September 2021 - 12:48:28 WIB
  • Administrator
WORKSHOP LINTAS PROGRAM DAN LINTAS SEKTOR  DALAM UPAYA REVITALISASI POSYANDU

     Kegiatan Workshop Lintas Program dan Lintas Sektor dalam upaya Revitalisasi Posyandu dilaksankan pada tanggal 30 dan 31 Agustus  2021 di Kabupaten Lombok Timur. Hadir pada saat itu perwakilan dari OPD yang terkait seperti Bappeda,  Dinas Sosial, Dinas DP3AKB, DPMPD, Bagian Kesra, Kemenag , Dikbud, Dinas Ketahanan Pangan, Organisasi Perempuan peduli Kesehatan, PKK dan Staf Khusus Bupati Bidang Kesehatan sementara dari Lintas Program di hadiri oleh masing-masing kepala seksi : Kesga, Kesehatan Lingkungan, Gizi, SIKB, P2P, Promkes dan seksi  Program Pelaporan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur .

            Pada  kesempatan tersebut yang menjadi Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kabid Kesmas, DPMPD Kabid PLDK Kab. Lotim, Ketua TP.PKK Kabupaten Lombok Timur yang di wakili oleh Wakil Ketua Pokja IV dan Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan PKM Kabupaten Lombok Timur.

    Posyandu   merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola oleh, dari dan untuk mesyarakat dan secara bersama –  sama dengan masyarakat dalam penyelenggraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan pada masyarakat dalam memperoleh pelayanan dasar untuk mempercepat proses penurunan stunting dan penurunan Angka Kematian Ibu dan Anak di Kab. Lotim.

    Rivitalisasi Posyandu ini adalah salah satu bentuk iktiar Provinsi NTB untuk meningkatkan dan mengoptimalkan fungsi Posyandu secara bertahap menuju Posyandu Keluarga. Untuk Lotim sejak bulan Mei tahun 2021 secara kuantitas sudah mencapai 100%. Dari 1936 Posyandu konvensional  sudah bertransformasi menjadi Posyandu Keluarga sebanyak 1936 pada bulan Juli 2021. Tinggal meningkatkan kualitas pelayanannya serta mengintegrasikan kegiatan dari OPD yang terkait seperti BKB, BKR, BKL, PAUD, Bank Sampah, UMKM, KRPL dll. Demikian ungkap Bu Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Dinas Kesehatan Provinsi NTB Ibu Hajah Tuti Herawati, SST,.MPH

     Pada Kesempatan itu pula Kepala Bidang PLKD B. Husniatul Gaimah  pada Dinas PMD Kab. Lotim menegaskan bahwa Peraturan Bupati no 47 tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan APBDesa tahun anggaran 2021 bahwa anggaran dana desa 20% digunakan untuk bidang kesehatan termasuk didalamnya biaya operasional posyandu ( sarana prasarana posyandu, insentif kader, PMT balita dll )

     Harapan dari pertemuan ini adanya persepsi yang sama dalam pengembangan posyandu keluarga di kabupaten Lombok Timur baik secara kuantitas maupun kualitas ( adanya integrasi kegiatan OPD yang terkait di Posyandu Keluarga ) dan adanya dukungan kebijakan  dari pemegang kebijakan terkait optimalisasi kegiatan Revitalisasi Posyandu.

  • Rabu, 15 September 2021 - 12:48:28 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya