Peresmian RSUD Patuh Karya Keruak

  • Rabu, 07 Juli 2021 - 14:34:53 WIB
  • Administrator
Peresmian RSUD Patuh Karya Keruak

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikum Wr Wb

Berangkat dari direktif Bapak Bupati yang menginginkan peningkatan status Puskesmas Keruak menjadi RSUD Patuh Karya di KeruakI, maka Dinas Kesehatan segera menindaklajuti hal tersebut dengan membentuk Tim percepatan Pembentukan RSUD Patuh Karya  melalui surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur Nomor : 854.36/Skre/03/KES/III/2021. dan menetapkan Kepala Bidang Sumber Datya Kesehatan yaitu Bapak Hazrin, SKM  sebagai ketua tim Percepatan. Kemudian Ketua Tim percepatan menindaklanjuti hal tersebut dengan menetapkan program kerja Tim percepatan melalui SK Kepala Dinas Kesehatan Nomor : 800/194/KES/2021.

Dalam Program kerja percepatan tersebut di tetapkan tahapan –tahapan persiapan pembentukan RSUD Patuh Karya, secara umum di bagi 2 kegiatan yaitu :

A. Kegiatan Penyiapan ,sarana prasarana dan peralatan kesehatan RSUD Patuh Karya meliputi :

  1. Melaksanakan sosialisasi dan penggalangan komitmen pada segenap karyawan /karyawati Puskesmas Keruak.
  2. Melakukan pembagian tugas  pada beberapa karyawan Puskesmas Keruak untuk membantu tim Percepatan Dinas kesehatan.
  3. Pengaturan tata ruang Puskesmas yang akan dinaikan statusnya menjadi RSUD Keruak sesuai dengan tata Ruang Rumah Sakit type D.dengan Gambar Denah.
  4. Penempatan sarana dan prasarana serta peralatan kesehatan sesuai dengan tata ruang RSUD.
  5. Verifikasi jumlah dan jenis sarana prasarana dan peralatan kesehatan sesuai standar tata ruang masing-masing.oleh seksi sarpras Dinas kesehatan.
  6. Membuat konsep tenaga kesehatan yang akan ditugaskan pada RSUD Keruak.
  7. Pengisian  pejabat struktural di RSUD Patuh Karya di Keruak.

B. Persiapan Administrasi Pembentukan RSUD Keruak.

  1. Pembuatan Peraturan Bupati tentang Pembentukan RSUD Patuh Karya Kabupaten Lombok Timur di Keruak.
  2. Menyiapkan kelengakapn adminitrasi untuk  izin pendirian RSUD Patuh Karya di Keruak.
  3. Menyiapkan bahan untuk kegiatan Visitasi RSUD Patuh Karya di Keruak
  4. Usulan Ijin Oprasional RSUD Patuh Karya di Keruak.

Tahapan Proses  kegiatan tersebut dilaksanakan  secara kontiyu dan akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa RSUD Patuh Karya Lombok Timur diresmikan pada tanggal 29 juni 2021 bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Kabupaten Lombok Timur. Bertempat di halaman RSUD Patuh Karya Lombok Timur Acara peresmian dilaksanakan,Hadir pada kesempatan tersebut Ibu Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ibu Hj.Siti Rohmi jalaludin didampingi oleh Kepala Dinas kesehatan Provinsi NTB, kepala BKKBN provinsi NTB dan pejabat lainya. Bapak Bupati Lombok Timur H.M.Sukiman Azmy dan Bapak Wakil Bupati Lombok Timur H.Rumaksi, Sekretaris Daerah Kab.Lombok Timur . H.M. Juaini Taufiq.

            Acara Peresmian berlangsung meriah dimulai dengan disajikanya tarian stop kekerasan pada anak dan perempuan oleh Forum anak Kabupaten Lombok Timur, dilanjutkan dengan pemberian hadiah bagi Camat,Kepala Desa ,PLKB dan kader yang telah berprestasi dalam kegiatan BKKBN dan PPA. Sekretaris daerah dalam laporanya menyampaikan bahwa RSUD Patuh Karya dari segi bangunan  dan tenaga  sudah mencukupi, sedangkan  untuk prasarana dan  peralatan kesehatan, ini yang  masih perlu kita lengkapi sehingga seluruh jenis layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat  pada  RSUD  dapat dilaksanakan. Secara adminitrasi RSUD patuh Karya,ini, tinggal kita  Percepat kegiatan visitasinya sehingga izin  oprasional segera keluar dan pada ahir bulan juli  RSUD patuh karya ini secara mandiri melakukan pelayanan rumah Sakit.

            Setelah Sekrtaris Daerah memberikan laporan kemudian dilajutkan dengan Sambutan Bupati Lombok Timur sekaligus Peresmian RSUD Patuh karya Keruak ditandai dengan penandatanganan Prasasti. Dalam sambutanya Bupati Lombok Timur menyampaikan tujuannya mendirikan RSUD Patuh Karya di Keruak salah satunya adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di bagian selatan Lombok Timur. paling tidak 5 kecamatan  disekitar keruak yaitu kecamatan Jrowaru,kecamatan Keruak, Kecamatan Sakra barat, kecamatan sakra Timur dan kecamatan sakra. Bapak Bupati Juga menyampaikan dengan jumlah penduduk di 5 kecamatan sekitar 200.000 jiwa, maka  tempat tidur yang dimiliki oleh RSUD Patuh Karya keruak sekitar 200 buah. Menurut WHO 1;1000,penduduk..

            Bupati Lombok Timur juga menyampaikan bahwa peresmian RSUD Patuh Karya dikeruak ini merupakan peresmian yang pertama karena masih akan ada peresmian –persesmian RSUD lainya diwaktu mendatang, yang kita rencanakan Rumah Sakit Pratama di Aikmel dan RSUD  di Masbagik. Selanjutnya Sambuatan Wakil Gubernur NTB sekaligus menyapa para Camat,kepala Desa dan kader Posyandu keluarga dan kampung KB di 21 desa dari 21 Kecamatan melalui daring,dan selanjutnya acara peringatan harganas secara nasional mellui daring dilaksanakan dan dibuka oleh wakil Presiden Republik Indonesia. Acara peringatan hari keluarga nasional di kabupaten Lombok Timur yang dirangkaikan dengan peresmian RSUD Patuh Karya di keruak  berahir sekitar pukul 12.00 Wita setelah bapak Bupati selesai mengikuti peringatan harganas melalui daring secara nasional. Demikian.

Wabillahitaufiq wal hidayah.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi wabaroqatuh

 

  • Rabu, 07 Juli 2021 - 14:34:53 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya