CAPAIAN PELAKSANAAN PELAYANAN DASAR SPM BIDANG KESEHATAN TAHUN 2020

  • Senin, 05 Juli 2021 - 12:38:25 WIB
  • Administrator
CAPAIAN PELAKSANAAN PELAYANAN DASAR SPM BIDANG KESEHATAN TAHUN 2020

Capaian pelaksanaan pelayanan dasar SPM Bidang Kesehatan Tahun 2020 di Kabupaten Lombok Timur adalah sebagai berikut:

 

1. Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil

Pada tahun 2020 prosentase ibu hamil mendapat pelayanan ibu hamil mencapai 104,91%, bila dibandingkan dengan target 100% maka terjadi peningkatan. Hal ini disebabkan karena sistem pendataan kohort ibu hamil sudah berjalan dengan baik, pendampingan ibu hamil oleh bidan dan kader dengan pembagian wilayah binaan sudah maksimal, kunjungan rumah dengan program P4K menjadi upaya yang sangan bagus untuk mendapatkan kunjungan ibu hamil sekaligus menentukan rencana kehamilan, adanya pendampingan minum obat tablet tambah darah di beberapa puskesmas sangat membantu untuk melaksanakan pengawasan rutin ibu hamil, adanya kelas ibu memotivasi ibu hamil untuk tetap memeriksakan kehamilannya, adanya kelas pasangan ramah anak (Parana) di beberapa desa sangat membantu ibu hamil. Disamping itu penyebab capaian program melebihi target adalah realita sasaran ibu hamil lebih besar dari sasaran yang ada pada target program hasil hitungan statistic.

2. Pelayanan Kesehatan Ibu Bersalin

Pada tahun 2020 persentase ibu bersalin mendapat pelayanan persalinan sudah mencapai 106,06% jika dibandingkan dengan target 100 % maka terjadi peningkatan. Hal ini disebabkan karena program P4K, kelas ibu, Parana sekaligus memotivasi ibu untuk persalinan di nakes, kunjungan rumah ibu hamil menjelang perkiraan persalinan oleh  bidan dan kader, sistem pendampingan ibu hamil oleh kader dan dukun, kemiitraan bidan dengan dukun beserta kader masih berjalan bagus sehingga bisa mengalihkan fungsi dukun bersalin sebagai dukun bayi untuk melakukan perawatan bayi di rumah dengan pendampingan bidan, peningkatan kualitas pelayanan di polindes dan puskesmas untuk persalinan  dengan adanya peningkatan kompetensi bidan untuk pertolongan persalinan, adanya 2 orang bidan di tiap polindes sehingga bisa memberikan pelayanan yang maksimal, adanya pemanfaatan kantong persalinan sehingga bisa mengetahui sasaran persalinan pada bulan bersangkutan.
 

3. Pelayanan Kesehatan pada Bayi Baru Lahir

Pada tahun 2020 presentase bayi baru lahir mendapat pelayanan kesehatan sudah mencapai 106,22%. Bila dibandingkan dengan taget  100%, maka terjadi peningkatan . Hal ini disebabkan karena pemanfaatan kantong persalinanan neonatus sudah maksimal sehingga bisa merencanakan jadwal kunjungan neonatal selanjutnya, persalinan nakes yang tinggi sehingga pengawasan bayi baru lahir juga bisa terlaksana dengan baik, kemitraan bidan dengan dukun serta kader untuk pendampingan ibu nifas dan bayi, pembagian wilayah binaan untuk pengawasan ibu dan bayi oleh bidan, dukun dan kader, sistem pencatatan dan pelaporan yang sangat mendukung untuk pemantauan ibu dan bayi.

4. Pelayanan Kesehatan Balita

Pada tahun 2020 persentase anak usia 0-59 bulan yang mendapatkan pelayanan kesehatan balita mencapai 96,22% dan ini belum mencapai target 100%. Hal ini terjadi karena masih kurangnya pemahaman ibu tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan anak sehingga ketika sudah mendapatkan imunisasi dasar, ibunya malas membawa anaknya ke posyandu, pada saat kunjungan ke posyandu, anak-anak sering di bawa oleh keluarga yang lain seperti nenek, yang mana bukan orang tua sehingga pesan yang disampaikan kurang maksimal diterima, belum maksimalnya kegiatan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak (SDIDTK) terlaksana karena belum semua bidan terlatih SDIDTK, belum semua guru TK/PAUD terlatih SDIDTK sehingga kegiatan ini balum bisa berjalan baik di sekolah yang seharusnya melaksanakan kegiatan tersebut, sarana pendukung seperti buku panduan SDIDTK, APE masih belum tersedia lengkap baik di polindes, puskesmas, posyandu maupun di TK/PAUD, disamping itu juga karena adanya pandemic Covid-19.

5. Pelayanan Kesehatan pada Usia Pendidikan Dasar

Pada tahun 2020 persentase anak usia pendidikan dasar yang mendapat skrining kesehatan sesuai standar mencapai 21,23% dan ini sangat jauh dari target 100%. Hal ini disebabkan karena adanya pandemic Covid -19 sehingga kegiatan penjaringan anak sekolah tidak bisa dilakukan di sebagian besar jumlah sekolah yang ada di Kabupaten Lombok Timur.

6. Pelayanan Kesehatan pada Usia Produktif,

Pada tahun 2020 persentase warga negara usia 15-59 tahun mendapatka skrining kesehatan sesuai standar mencapai 46.08% masih sangat jauh dari target 100%. Disebabkan Karena adanya pandemic Covid-19 yang menyebakan Skrining dan pelayanan kesehatan usia produktif tidak dapat berjalan sesuai target, disamping itu petugas atau pengelola program Remaja ( usia Produktif ) masih kurang.

7. Pelayanan Kesehatan pada Usia Lanjut,

Pada tahun 2020 persentase Pelayanan Kesehatan pada Usia Lanjut mendapatka pelayanan kesehatan sesuai standar mencapai 109,01% terjadi peningkatan dari target 100%. Hal ini disebabkan data yang dikirimkan dari Puskesmas bukan jumlah kunjungan baru saja melainkan termasuk didalamnya kunjungan lama juga sehingga kunjungan yang masuk dalam formula perhitungan capaian usia lanjut hasilnya melebihi target program.

8. Pelayanan Kesehatan Penderita Hipertensi,

Pada tahun 2020 persentase penderita hipertensi mendapat pelayanan kesehatan sesuai standar mencapai 20,03% masih jauh dari target 100%,  hal ini disebabkan karena Karena Pandemic Covid -19 yang menyebabkan pembatasan kegiatan di Masyarakat Skrining  dan pelayanan kesehatan bagi penderita Hipertensi tidak optimal dilaksanakan, disamping itu penderita Hipertensi (HT) belum semua mendapatkan pelayanan sesuai standar, obat yang tersedia belum mencukupi sesuai jumlah pasien, penemuan kasus masih rendah, SDM Puskesmas dan Kader  belum Terlatih, sarana dan prasarana masih sangat kurang, biaya operasional untuk kegiatan masih kurang, belum semua Puskesmas  melaksanakan  Pandu PTM, belum Semua Desa/Kelurahan melaksanakan Posbindu.

Lanjutkan Membaca...

  • Senin, 05 Juli 2021 - 12:38:25 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya